Teknik Beladiri yang Harus Dikuasai Perempuan

0

Perampokan, pemerkosaan, hingga pembegalan yang marak saat ini menjadi ancaman bagi setiap orang yang keluar rumah. Apalagi kondisi minimnya pengawasan keamanan di jalanan juga membuat para wanita yang pulang malam atau jalan sendirian rawan menjadi korban kejahatan. Namun, lembur mengejar deadline baik untuk urusan kantor maupun kuliah seringkali bikin kamu tak punya pilihan untuk pulang larut malam.

Nah, agar kamu tetap aman, tak ada pilihan lain selain meningkatkan kewaspadaan. Bukan berarti kemana-mana harus punya body guard. Kamu hanya harus tahu jurus-jurus bela diri ringan sebagai salah satu alat pertahanan diri saat yang tidak kamu inginkan terjadi. Bela diri untuk pertahanan diri wanita itu mudah dipelajari kok, meski pembawaanmu lemah lembut, kamu pasti bisa mengusai gerakan ini. Simak baik-baik ya.

beladiri1

1. Sebagai dasar pengetahuan pertahanan diri, kamu wajib tahu titik lemah lawan secara rinci.

Sebagian besar penjahat memang berjenis kelamin pria. Maka untuk pertahanan diri, kamu wajib tahu titik lemah mereka dan bagaimana cara melemahkannya.

Bagian mata –> Lemahkan menggunakan tangan
Bagian hidung –> Lemahkan menggunakan tangan
Bagian leher –> Lemahkan menggunakan tangan
Alat kelamin –> Lemahkan menggunakan tangan, lutut atau kaki
Bagian lutut –> Lemahkan menggunakan kaki
Bagian betis –> Lemahkan menggunakan kaki
Bagian telapak –> Lemahkan menggunakan kaki, misalnya dengan menginjak.
Sebenarnya titik lemah mereka bisa diatasi dengan alat dan organ apa saja.Namun, alangkah baiknya kamu mengikuti panduan di atas agar tenaga yang kamu keluarkan bisa lebih maksimal. Selain itu, penyerang yang mendadak akan membuatmu kelabakan dan harus bergerak cepat, jadi gunakanlah alat tubuh yang terdekat dari titik lemah untuk melakukan penyerangan. Jadi pastikan kamu hafal rumus di atas ya.

2. Saat dia mulai mendekat dan berusaha menyentuh tubuhmu dari depan, tendang alat kelaminnya menggunakan kaki dengan tenaga maksimal. 

Sebelum melakukan kejahatan, para penjahat pria seringkali akan menggodamu terlebih dulu dengan menyentuh tubuhmu secara paksa. Nah, saat dia datang dari depan, kumpulkan tenaga dan keberanianmu. Tak perlu ragu, lekaslah pegang kedua tangannya kuat-kuat, bungkukkan sedikit badannya, dan gunakan kaki kanan untuk menendang bagian selangkangan. Lakukan sekali atau beberapa kali hingga dia merasa kesakitan. Setelah itu kamu bisa lari lebih kencang untuk mencari pertolongan.

3. Cara lain untuk melumpuhkan titik lemahnya adalah menendang dengan lutut dan menjambak rambutnya. Dijamin dia pasti makin kesakitan.

Selain kaki, kamu juga bisa gunakan lutut sebagai pertahanan diri. Jika di menyerang dari depan, dengan cekatan dan penuh keberanian, kamu bisa jambak rambutnya atau pegang lehernya lalu tendang alat kelaminnya dengan lutut yang tertekuk. Keluarkan semua tenaga yang kamu punya dan jangan takut. Dengan cara ini, penjahat yang mengganggumu akan sedikit merasa kesakitan dan kamu bisa segera melarikan diri.

beladiri4

4. Ketahuilah, tanganmu yang lembut juga punya kekuatan besar lho. Jadi gunakanlah tanganmu untuk melemahkan dagu.

Boleh jadi tanganmu halus dan lembut, namun di balik itu sebenarnya tanganmu punya kekuatan yang besar lho. Jadi, kamu tak perlu takut untuk menggunakannya melemahkan penjahat yang menyerangmu di jalan. Jika dia datang dari depan dan mulai nakal menyentuh tubuhmu, pegang tangannya dan sodok dagunya dengan telapak tanganmu yang lain. Keluarkan seluruh tenaga dan dorong dengan maksimal hingga tanganmu lurus.

Pastikan kamu melakukannya dengan penuh keberanian ya. Nah, agar dia makin merasa kesakitan, kamu bisa menendang alat kelaminnya dengan cara no 3. Dengan cara ini, dia akan merasa kesakitan dan kamu punya kesempatan untuk mencari pertolongan.

beladiri5

5. Menyikut leher dan dagu ampuh membuatnya hilang keseimbangan. Pastikan kamu melakukannya dengan sekuat tenaga ya.

Kejahatan seringkali datang tiba-tiba, maka penting bagimu untuk belajar bela diri demi melakukan perlawanan. Nah, jika ada orang jahat mulai bertindak tidak senonoh seperti merangkulmu, kamu bisa mengatasinya dengan gerakan sederhana. Kamu genggam tangannya dan gunakan sikutmu untuk menekan bagian lehernya. Lalukan sedang sekuat-kuatnya. Dia pasti akan hilang keseimbangan dan mulai merasa kesakitan. Agar tanganmu semakin kuat, kamu bisa mulai latihan gaya ini di rumah dari sekarang.

beladiri6

6. Selain berguna untuk menekan leher lawan, sikutmu juga bisa digunakan untuk membuat hidungnya kesakitan.

Sikut tak hanya berguna untuk membuat leher lawan terluka, kamu juga bisa menggunakannya untuk melukai melukai bagian hidungnya. Jika dia melakukan tindak kejahatan dengan memeluk perutmu dari belakang, kamu bisa gerakkan sikut kananmu ke belakang dan tekan bagian hidungnya. Pastikan tangan kirimu tidak memegang tubuhnya ya. Lakukan gerakan ini dengan sigap dan kuat. Setelah itu, kamu juga bisa menginjak kakinya dengan keras, lalu pergi mencari pertolongan.

7. Dengan keberanian dan kepercayaan diri, kamu pasti bisa menendang wajahnya dengan kaki

Selama ini mungkin kamu berpikir bahwa kakimu itu lemah. Hey, percayalah kakimu bisa lebih kuat dari apa yang kamu tahu jika kamu mau melatihnya. Kamu bisa menggunakannya sebagai alat perlawanan saat kejahatan menghadang.

Caranya, kamu bisa menendangnya keras pada bagian pipi dengan arah menyamping. Pastikan kamu mengeluarkan tenagamu semaksimal mungkin ya. Cara ini bisa kamu lakukan saat penjahat menemuimu dari depan dengan jarang yang tak terlalu dekat. Dan ingat, jangan takut dan ragu untuk menendangnya dengan keras.

beladiri8

 

8. Tersungkur ke tanah bukan berarti kamu tidak bisa melakukan perlawanan. Tendang saja dagunya dengan kaki jenjang yang kamu punya.

Wanita memang rawan menjadi korban kejahatan karena identik dengan sifat lemah. Padahal di balik itu semua, kamu itu sebenarnya kuat lho. Jadi kamu tak perlu ragu untuk melakukan perlawanan saat dilakukan tak senonoh oleh orang jahat.

Mungkin kamu diperlakukan tak senonoh atau menjambret dan membuatmu terbaring lemah. Tenanglah, kamu masih bisa melakukan perlawanan untuk menyelamatkan diri kok. Caranya, cepatlah kamu tendang dagunya dengan kakimu yang jenjang. Lakukan sekuat-kuatnya agar badannya segera menjauh dari tubuhmu. Setelah itu, kamu bisa buru-buru bangun untuk kabur atau melakukan gerakan pertahanan lainnya.

beladiri9

9. Titik lemah lain yang bisa kamu lumpuhkan adalah mata. Gunakan jarimu untuk membuatnya tak berdaya.

Tangan perempuan boleh halus dan lembut, tapi di balik itu kamu juga punya kekuatan khusus. Nah, tanganmu bisa digunakan sebagai alat untuk melindungi diri dari kejahatan. Caranya dengan memegang kepala dan tekan bola matanya dengan ibu jarimu. Hal ini bisa dilakukan saat dia mulai bertindak tidak sopan dan menyerangmu dari depan. Dengan gerakan ini, dia pasti akan merasa lemah dan kesakitan.

Wanita memang identik dengan pembawaan yang lemah lembut. Namun, hal ini bukan alasan untuk menyerah dan pasrah begitu saja saat tindak kejahatan menghadang di depan mata. Dengan membekali dirimu dengan gerakan ini, maka pria jahat yang bertindak jahat bisa kamu atasi sendiri. Pastikan kamu melakukannya dengan keberanian dan kepercayaan ini ya. Ingat, kamu harus tega demi keselamatanmu sendiri! Selamat berlatih.                (Agustin Fatimah/jp)

 

Sumber : www.hipwee.com

Komentar Via Facebook

Share.

Leave A Reply