Sahabat India Diluncurkan di Medan

0

Kelompok tari yang beranggotakan sepuluh orang dari Negara Bagian Gujarat di India menampilkan Kesenian Gujarati Garba di Kota Medan pada awal Februari 2015 kemarin. Kesenian tari yang penuh warna tersebut ditampilkan di hadapan lebih dari seribu orang mahasiswa dan pelajar di Universitas Islam Sumatera Utara dan Prime One School. Penampilan tersebut disambut dengan meriah oleh para penonton yang juga menunjukkan antusias mereka dengan berfoto dengan para tersebut.

Sebagai bagian dari peluncuran “Festival of India” dengan tema Sahabat India, pertunjukkan tari tersebut juaga dilaksanakan di Hotel Grand Angkasa, Medan yang dibuka dengan pemukulan gong oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Bapak Ir. H. T. Erry Nuradi. Penampilan tersebut juga dihadiri oleh Duta Besar India untuk Indonesia, Bapak Gurjit Singh beserta Istri Ibu Neeru Singh, Konsul Jenderal India untuk Sumatera, Bapak Basir Ahmed, perwakilan negara-negara sahabat dan juga para tokoh masyarakat di kota Medan.

Mengingat akan besarnya jumlah generasi muda di India dan Indonesia, kegitan Sahabat India dilaksanakan di berbagai universitas dan sekolah di Indonesia. Tujuan dari acara tersebut adalah untuk memperkuat hubungan antar generasi muda kedua bangsa. Festival of India – Sahabat India didukung oleh Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kebudayaan India, dan Kementerian Luar Negeri Indonesia.

Dalam kata sambutannya, Konsul Jenderal India, Bapak Basir Ahmed menyatakan rasa terima kasihnya kepada Wakil Gubernur Sumatera Utara, Bapak Ir. H.T. Erry Nuradi dan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara atas dukungan dalam pelaksanaan acara tersebut. Beliau juga mengungkapkan terima kasihnya kepada masyarakat Sumatera Utara khususnya masyarakat keturunan India atas partisipasi mereka dalam menyukseskan acara ini. Beliau juga menyatakan bahwa hubungan peradaban antara India dan Indonesia telah terbangun selama berabad-abad dengan salaing mempengaruhi.

Wakil Gubernur Sumatera Utara menyatakan dalam pidatonya bahwa kedua bangsa memiliki hubungan kebudayaan yang sangat dalam. Sebagai buktinya adalah keberadaan warga keturunan India dengan jumlah besar di Sumatera Utara khususnya di Kota Medan. Hal tersebut juga menunjukkan kemajemukan masyarakat yang ada di Provinsi Sumatera Utara dimana ada terdapat banyak tempat ibadah seperti mesjid, kuil maupun gurudwara terdapat di provinsi ini. Lagu-lagu dan film Bollywood juga sangat populer di masyarakat Indonesia. Beliau juga menyatakan pengharagaan kepada Duta Besar India untuk Indonesia atas dipilhnya Medan sebagai Kota tempat peluncuran kegiatan “Festival of India – Sahabat India” di wilayah Sumatera.

ocehj

Duta besar India, Bapak Gurjit Singh dalam kata sambutannya, menyoroti kesamaan budaya antra kedua bangsa. India dan Indonesia bukan hanya memiliki kedekatan secara geografis tetapi juga kemiripan dalam tradisi dengan menyebut kedua bangsa sebagai Sahabat Kebudayaan. Kegiatan “Festival of India – Sahabat India” membangunkan semarak kebudayaan India di Indonesia. Sahabat India merupakan simbol dari kedekatan budaya antara kedua masyarakat. Menyoroti peran generasi muda, Duta Besar India menyebutkan bahwa India dan Indonesia memiliki jumlah generasi muda yang sangat besar dalam angka demografisnya. India dan Indonesia merupakan negara-negara termuda di dunia. Beliau juga menyatakan bahwa “Sahabat India” adalah salah satu cara untuk merayakan persahabat yang telah lama ada dan saling memajukan antar generasi muda kedua negara.

“Festival of India- Sahabat India” akan dilaksanakan diberbagai kota di Sumatera dengan lebih dari 12 even seperti pameran foto, pertunjukan film Bollywood, pertunjukkan tari tradisional, seminar, tourism roadshow dan lain-lain. (jpP/foto: Fatimah Surbakti)

Komentar Via Facebook

Share.

Leave A Reply