GALERI KEGIATAN

Reporter, Profesi Menyenangkan dan Menantang

0

FORUM Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) kembali menggelar FJPI Roadshow to School ke SMP Al Musabihin, di Medan, Senin lalu.

Sebanyak 120 siswa Al Musabihin berkenalan dengan dunia reportase radio dan televisi melalui tiga orang pembicara dari FJPI, yaitu Desi Pohan Ketua FJPI dan komisioner Komisi Informasi Sumut, Mela Hapsari jurnalis TVRI Sumut, dan Mafa Yulie Ramadhani, jurnalis foto dari Kantor Berita Antara.

Pada pelatihan ini para pelajar menjadi lebih tahu tentang salah satu profesi yang menarik yaitu menjadi reporter televisi dan radio. Reporter menghadirkan berbagai informasi kepada khalayak melalui media massa.

Reporter televisi dan radio merupakan pekerjaan yang menyenangkan sekaligus menantang. Menyenangkan karena bisa bertemu dengan banyak orang dari berbagai latar belakang, belajar dari kisah hidup, pengalaman, dan pengetahuan dari narasumber yang ditemui. Namun profesi ini juga menantang karena seringkali memaksa para reporter terjun ke arena yang berbahaya, daerah bencana, dan tempat konflik.

Mafa Yulie Ramadhani, anggota FJPI saat memaparkan tentang jurnalistik fotografi.

Selain itu, para pelajar SMP Al Musabihin juga belajar mengenai foto jurnalistik. Gambar bisa bercerita mengenai suatu keadaan, atau kejadian. Para jurnalis foto mengabadikan kisahnya melalui gambar-gambar yang sarat makna.
Para pelajar juga diajak untuk bijak menggunakan media sosial. Tidak asal share informasi, dan pandai memilah informasi apa yang mau disampaikan melalui media sosial, tidak menyebarkan berita bohong, memicu konflik sara, memuat konten pornografi, sadistis, fitnah, dan mencemarkan nama baik orang lain.

Meskipun masih bersekolah, para pelajar juga dapat memanfaatkan media sosial tidak hanya untuk bersenang-senang dan bergaul namun pelajar pun bisa menjadi citizen journalist yang memiliki karya yang bermanfaat untuk masyarakat. (mela/jp)

Komentar Via Facebook

Share.

Leave A Reply