GALERI KEGIATAN

Giat Bina Bibit Muda, FJPI Kembali Gelar Pelatihan Jurnalistik di SMK Bimsa

0

FORUM Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) kembali menggelar serangkaian pelatihan jurnalistik ke berbagai sekolah yang ada di Medan. Roadshow to School ini, mengusung tema “Citizen Journalism dan Bijak Bermedia Sosial”.

Giliran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Bimsa di Jalan Polonia Medan disambangi FJPI, Kamis (12/10/2017).

Puluhan siswa begitu antusias mengikuti pemaparan narasumber, Ranggini Triyono yang merupakan penasehat FJPI. Dalam kesempatan tersebut mantan komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Sumut ini, berbagi cerita tentang boardcasting.

Icha Rahma Desty, salah satu peserta mengaku sangat senang dengan pelatihan yang digelar ini.“Kita sangat senang ya dengan kunjungan kakak-kakak FJPI kemari. Kita dapat pengetahuan, dan belajar tidak hanya teori saja,” ujarnya.

Kepala Sekolah Bimsa, Komariah, didampingi Ketua Yayasan Fachrial daniel, menyambut baik roadshow yang digelar FJPI ini. Dia berharap kegiatan yang digelar ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan anak asuhnya. “Kita berharap, kegiatan ini tidak hanya sekali ini saja. Namun bisa lebih sering lagi,” ujar Komariah.

Ketua FJPI, Ramdeswati Pohan mengungkapkan pelatihan ini rencananya akan digelar secara kontinue dan diikuti oleh para pelajar peserta ekstra kulikuler Majalah Dinding di sekolah. Pada pelatihan Dasar-dasar Jurnalistik para pelajar mendapatkan aneka tips penting untuk menulis berita dalam kaidah jurnalistik, mengenali jenis dan karakteristik berita pada media massa dan online, juga berlatih wawancara dan menulis berita.

Kepala Sekolah Bimsa, Komariah yang juga penasehat FJPI melihat proses pelatihan jurnalistik.

“Selain itu, pesan untuk bijak menggunakan media sosial juga ditanamkan kepada para peserta pelatihan, mengingat banyak kasus terkait media sosial yang melibatkan para remaja,” ucapnya.

Diharapkan kegiatan ini dapat membina bibit muda calon jurnalis untuk mengasah bakat dan kemampuan mereka dalam menulis dan berkarya, agar kelak menjadi jurnalis profesional. Sebelumnya, FJPI juga sudah melakukan roadshow kesejumlah sekolah seperti SMA Harapan I Medan dan SMK Broadcasting Bina Creative (BBC) Medan di Jalan Bilal. (led/jp)

Komentar Via Facebook

Share.

Leave A Reply